Merubah Tampilan Facebook

 

clip_image001

image Contoh tampilan

image Contoh Tampilan

Ketika kita bosan dengan tampilan dekstop kita maka kita merubah wallpaper kita, begitu juga screensaver kita…..itu biasanya bisa menghilangkan kepenatan kita sedikit atau bisa merifres pikiran kita, walau hanya merubah tampilan scrensaver di handphone mau notebook kita. Nah sekarang yang akan kita coba adalah merubah tampilan facebook kita. langsung wae kita mulai cara mudahnya.

Tapi tips ini untuk pengguna Mozzila Firefox ( baca selengkapnya dulu baru praktekkan )

1. Slahkan anda KLIK DI SINI.

2. Maka kita dibawa ke tampilan Mozzila Firefox. seperti di bawah ini.

 

image

3. Kemudian kita klik Add to Firefox, ( dilingkari warna merah ).

 Fb 1w

4. Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menginstal atau menambahkan ke Firefox. setelah terinstal maka nanti akan  merifres sendiri.

 

Setelah itu kita akan memilih beberapa tampilan yang akan  merubah tampilan facebook kta.

1. Pertama silahkan KLIK DI SINI.

2. Maka akan tampil menu dibawah ini, kemudian anda pilih salah satu yang anda inginkan.image

3. Setelah anda pilih maka tampilan seperti dibawah ini. Kemudian pilih Instal With Stylish

image

4. Setelah anda klik Instal with stylish maka akan tampil seperti dibawah ini kemudian kita klik Instal.

image

5. Setelah selesai menginstal tinggal kita membuka FACEBOOK kita. dan lihat perubahannya.

 

SELAMAT MENCOBA. jangan lupa komentarnya.

Menggambar objek-objek prmitif 3D dengan Auto CAD.

 

OBJEK-OBJEK PRIMITIF 3D

Auto CAD memiliki sejumlah objek primitive 3D siap pakai, yaitu box, wedge, cone, sphere, cylinder, torus dan pyramid.

 

3d 2.1

                              CONE                    BOX   CYLINDER    WEDGE

 

3d 2.2

                                  SPHERE          PYRAMID              TORUS

 

Selanjutnya kita akan membuat objek seperti di atas :

1. Membuat objek BOX, kita jalankan perintah BOX kemudian masukan ukuran 10 X 10 X 10.

Berikut perintah dalam menjalankannya :

Command: BOX

Specify first corner or [Center]: Klik di layar

Specify other corner or [Cube/Length]: @10,10,10

 

2. Membuat objek CONE, kita jalankan perintah CONE kemudian masukan nilai diameter 5 dan tingginya 10.

Command: CONE

Specify center point of base or [3P/2P/Ttr/Elliptical]: Klik di layar

Specify base radius or [Diameter] <7.0711>: 5

Specify height or [2Point/Axis endpoint/Top radius]

<10.0000>: 10

 

3. Membuat objek TORUS, kita jalankan perintah TORUS kemudian masukan diameter 1 adalah 5 dan diameter yang kedua 10.

Command: TORUS

Specify center point or [3P/2P/Ttr]: KLIK DI LAYAR

Specify radius or [Diameter] <5.0000>: 5

Specify tube radius or [2Point/Diameter] <2.0000>: 10

4.  Seandainya objek yang anda buat masih dalam tampak 2D (tampak atas) maka kita ubah sudut pandangnya dengan DDVPOINT maupun VPOINT, dengan nilai 315 derajat untuk posisi memandang dan 30 derajat kemiringan titik pandang. Ataupun juga bisa menggunakan perintah scara langsung menggunakan toolbar yang ada.

image

Gambar 1.07. Tampilan perintah View.

5. Kemudian kita jalankan perintah HIDE, HIDE adalah perintah untuk mengaplikasikan hidden surface removal ( HSR ) pada objek 3D. Hasil pengaplikasian HSR adalah garis-garis yang berada dibelakang surface disembunyikan dari posisi titik pandang objek.

Selamat Mencoba. Please Coment nya jangan lupa.

PRINSIP DASAR AUTO CAD 3D DAN MERUBAH TITIK PANDANG

 

Melihat objek secara tiga dimensi (3D) berarti melihat objek scara sesungguhnya. Auto CAD 3D ( 3 Dimensi) adalah kelanjutan dari Auto CAD 2D ( 2Dimensi ). Apabila dalam Auto CAD 2D gambar yang dapat dihasilkan berupa denah dan tampak, maka dalam Auto CAD 3D gambar yang dapat dihasilkan berupa model 3D baik berbentuk pararel atau prespektif.

Penggambaran 3D akan lebih membantu memperjelas maksud dari rancangan objek, karena bentuk sesungguhnya dari objek yang akan di buat divisualisasikan secara nyata. Auto CAD 3D banyak digunakan untuk tujuan visualisasi pemodelan produk, bangunan, objek dan lain-lain. Membuat objek dalam bentuk 3D lebih jelas dibandingkan hanya dalam bentuk 2D, sehingga akan membantu orang awam atau pengguna objek rancangan melihat dan mudah mengerti tentang bentuk objek yang mereka dapatkan nanti.

Perbedaaan mendasar antara Auto CAD 2D dan 3D adalah pemahaman mengenai bidang kerja. Dalam Auto CAD 2D bidang kerja hanya berfokus pada ruas sumbu, yaitu sumbu Y dan sumbu X. Dalam auto CAD 3D bidang kerja lebih luas, yaitu sumbu Y, sumbu X dan sumbu Z. Cara pandang dan berpikir untuk melakukan penggambaran dalam 3D juga lebih maju dibandingkan ketika melakukan penggambaran dalam 2D.

KOORDINAT 3D

Setiap penggambaran yang dilakukan di dalam AUTO CAD, dipastikan akan selalu berhubungan dengan system koordinat, karena setiap objek yang ditempatkan atau dibuat selalu mengacu atau menggunakan system koordinat yang ada. Di dalam AUTO CAD terdapat tiga jenis system koordinat, yaitu system koordinat kartesius, polar dan relative. Dari ketiga koordinat yang ada mendukung untuk tugas penggambaran 2d dan 3D.

3D 1

Gambar 1.01. Koordinat 2D dan ilustrasinya.

 

3D 2

 Gambarb 1.02. Koordinat 3D dan Ilustrasinya.

Dalam system koordinat 2D focus penggambaran objek dilakukan pada dua ruas sumbu, yaitu sumbu X dan sumbu Y. sumbu X berada pada bidang horizontal sedangkan sumbu Y pada bidang Vertical.

System koordinat 3D adalah pengembangan system dari koordinat 2D. dimana selain sumbu X dan sumbu Y yang menjadi dasar system koordinat, di tambah lagi sebuah sumbu, yaitu sumbu Z.Sumbu Z berfungsi sebagai penentu ketinggian objek yang dibuat.

1. PERINTAH DDVPOINT, VPOINT DAN PLAN

Perintah DDVPOINT adalah perintah untuk memutar titik pandang menjadi 3D.

Perintah PLAN adalah perintah untuk mengembalikan tampilan 3D ( hasil penggunaan perintah DDVPOINT ) menjadi tampilan 2D.

A. DDVPOINT

Dalam menggunakan perintah DDVPOINT kita dibantu oleh kotak dialog Viewpoint Preset.

image

Gambar 1.03 Kotak dialog Viewpoint Preset.

Pada sisi kiri kotak dialog anda menentukan arah posisi memandang objek, sedangkan sisi kanan adalah sudut kemiringan memandang objek.

Dalam contoh berikut ini kita akan membuat sebuah objek bujur sangkar menggunakan perintah RECTANG. Setelah itu menggunakan perintah

DDVPOINT kita ubah titik pandang objek pada posisi 315 derajat dan kemiringan 30 derajat.

1. Buka program Auto CAD dan mulailah dengan job baru.

2. Anda jalankan perintah RECTANG untuk membuat objek bujur sangkar dengan ukuran 20 X 20.

Command: RECTANG

Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]:KLIK di LAYAR

Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: @20,20

3D 3

3. Kemudian kita jalankan perintah DDVPOINT.

image

Gambar 1.04. Kotak dialog Viewpoint Preset.

4. Dalam kotak dialog Viewpoint Preset di atas, kita klik 315 pada kotak kirikemudian   kita pilih 30 pada kotak kanan untuk menentukan posisi memandang dan kemiringan titik pandang. Setelah selesai klik OK.

3D4

Gambar 1.05. Hasil perubahan titik pandang.

B.  VPOINT.

VPOINT adalah perintah yang digunakan untuk memutar titik pandang menjadi 3D, sama seperti DDVPOINT.

Command: VPOINT

Current view direction: VIEWDIR=0.0000,0.0000,1.0000

Specify a view point or [Rotate] <display compass and tripod>: R

Enter angle in XY plane from X axis <270>: 315

Enter angle from XY plane <90>: 30

C. PLAN

adalah perintah untuk mengembalikan tampilan 3D ( hasil penggunaan perintah DDVPOINT, VPOINT ) menjadi tampilan 2D( tampak atas objek ).

Berikut perintah menjalankan PLAN.

Command: PLAN

Enter an option [Current ucs/Ucs/World] <Current>: w

Selain menggunakan perintah perintah diatas seperti DDVPOINT, VPOINT dan PLAN. Kita juga bisa menggunakan Tool Bar yang ada di layar agar lebih cepat dan mudah dalam mengubah tampilan 3D menjadi 2D ataupun sebaliknya.

Berikut gambar perintahnya :

image

Gambar 1.06. Tampilan tooIbar View.

Sumber

Tutorial Auto CAD

Buku-buku tentang CAD terbitan Maxicom

Buku-buku tentang CAD terbitan Elexmedia

Buku-buku tentang CAD terbitan Andi Offset

MEMAHAMI KONSEP KOORDINAT KARTESIUS, POLAR DAN RELATIVE.



Bahwa dalam setiap penggambaran yang dilakukan di AutoCAD dipastikan selalu menggunakan system Koordinat, karena setiap obyek yang ditempatkan atau dibuat selalu mengacu atau menggunakan system koordinat yang ada.Di dalam AutoCAD terdapat tiga jenis system koordinat yaitu system koordinat kartesius, relatif dan polar.
  •  KARTESIUS ( X, Y ).
Kartesius adalah Sistem Koordinat yang dipergunakan untuk meletakkan titik untuk penggambaran objek berdasarkan pemasukan nilai ruas sumbu X dan ruas sumbu Y, dimana dari titik pertemuan ini nilai sumbu X dan sumbuY titik koordinat dibentuk.
1
Tampilan Penempatan titik koordinat ( 1, 1 ) pada system kartesius.
Contoh penggunaan koordinat kartesius dalam membuat garis dengan perintah LINE.
Command : LINE
Specify first point : 1,1
Specify next point or (undo) : 4,3
Specify next point or (undo) : (Enter)
2
Hasil pembuatan garis titik koordinat (1, 1) sampai (4,3) menggunakan kartesius.
  •  RELATIF ( @X, Y )
Adalah system koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik penempatan berikutnya dari titik saat ini, dengan memasukan nilai panjang ( X ) dan lebar ( Y ).
@ panjang, lebar ( @X, Y ).
a. @ adalah tanda yang wajib digunakan untuk memulai penggunaan koordinat   relative.
b. Panjang adalah nilai untuk arah memanjang / datar / X dengan ketentuan nilai positif untuk arah kekanan dan nilai negative untuk kekiri.
c. , adalah tanda yang wajib digunakan untuk pemisah antara nilai panjang dan nilai lebar.
d. Lebar adalah nilai untuk arah tegak atau melebar atau Y, nilai positif arah ke atas dan nilai negative arah kebawah.
3
Prinsip Koordinat relative
Berikut contoh penggunaan koordinat relative dengan kita membuat garis yang pertama-tama kita klik sembarang lalu titik berikutnya kita tentukan panjang 3 dan lebar 2.
Command : LINE
Specify first point : ( klik sembarang di layar )
Specify next point or (undo) : @3,2
Specify next point or (undo) : (Enter)
4
Tampilan hasil pembuatan garis panjang 3 dan lebar 2 (@3,2).
  • POLAR ( @ Jarak < Sudut ).
Adalah system koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik koordinat berikutnya dari titik koordinat saat ini dengan memasukan nilai jarak dan penempatan arah berdasrkan besarnya sudut. Format yang digunakan koordinat POLAR sebagai berikut :
@ Jarak < sudut.
a. Tanda @ wajib digunakan ketika kita ingin memulai pemasukan nilai dengan menggunakan koordinat POLAR.
b. Jarak adalah nilai panjang yang kita inginkan berdasarkan dari titik sekarang ini.
c. Tanda < adalah tanda pemisah antara nilai jarak dengan nilai sudut.
d. Sudut adalah nilai sudut sebagai penentu arah penempatan titik yang kita buat.


5
Gambar sudut rotasi dalam satuan derajad
CW ( Clock Wise ) : Searah Jarum Jam.
CCW ( Counter Clock Wise ) :Berlawanan Arah Jarum Jam.
Contoh untuk penggunaan POLAR berikut kita pilih panjang 4 dan sudut 40° hasilnya sebagai berikut :
6
Tampilan hasil pembuatan garis panjang 3 sudut 40
inilah dasar yang perlu diketahui sebelum belajar Auto CAD lebih lanjut. Untuk tahap berikutnya nanti akan saya post-kan  fungsi-fungsi tool-tool untuk penggambaran dalam AutoCAD.
WsslmkmWr Wb.

PENGERTIAN DAN CARA MEMBUKA PROGRAM AUTO CAD

 

PENDAHULUAN.

Computer Aided Design ( CAD ) atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Merancang Berbantu Komputer sangat akrab dan popular bagi mereka yang yang terlibat dalam bidang rekayasa. Computer Aided Design merupakan sebuah program rancang bangun yang memanfaatkan keunggulan computer dalam menghasilkan gambar berkualitas tinggi , namun dalam pengerjaan gambar hanya membutuhkan waktu yang singkat.

AutoCAD merupakan sebuah program CAD yang paling banyak dipergunakan dewasa ini. AutoCAD dibuat dan dirancang oleh Autodesk, Inc., yaitu sebuah perusahaan perangkat lunak raksasa Amireka Serikat, yang kusus memproduksi program-program computer grafis.

Telah kita ketahui semua bahwa dalam penggambaran scara manual yang dilakukan oleh Drafter ( penggambar ) banyak memiliki keterbatasan-keterbatasan seperti lamanya waktu yang digunakan untuk menggambar, kurang rapinya hasil yang dikerjakan dan mungkin kotornya kertas gambar karena sering dipegang oleh Drafter.Oleh karena itu CAD datang sebagai solusi yang tepat karena selain memiliki kemudahan dalam penggunaan, lengkap fasilitasnya serta bersifat universal, maka dengan CAD para drafter ( penggambar ) dapat cepat menyelesaikan gambar kerja atau proses perancangan suatu produk dalam waktu relative singkat dan hasil yang berkualitas tinggi. Program CAD memanfaatkan keunggulan-keunggulan computer dalam menghasilkan produk, yaitu kecepatan, keakurasian dan mampu mengingat maupun menyimpan.Menggunakan CAD dalam menghasilkan gambar kerja akan memiliki kecepatan yang berlipat-lipat kali bila dibandingkan dengan penggambaran scara manual karena objek-objek yang sama dapat dilakukan proses pengkopian secara serempak dan mudah.

AutoCAD mendukung dalam penggunaan dua (2) dimensi maupun 3 dimensi. AutoCAD dapat digunakan dalam bidang Arsitektur (Untuk rancang bangun ), Teknik Sipil,Teknik Mesin ( untuk merancang mesin ), Desain Grafis ( untuk animasi), perfilman, perbangkan, percetakan, pemetaan dan lain-lain.

MEMBUKA PERANGKAT LUNAK ( AUTO CAD ) UNTUK MENGGAMBAR TEKNIK.

Untuk membuka program AutoCAd dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

1. Klik tombol Start yang terdapat pada taskbar yaitu di kiri bawah layer.

2. Kemudian kill Program, maka akan muncul menu disampingnya dan dari dalam menu ini pilih lagi Autodesk, kemudian pilih lagi item AutoCAD, maka program siap dijalankan.

image

Adapun cara lain yaitu langsung kita klik shortcut AUTO CAD yang ada di desktop, maka setelah kita klik akan tampil lembar kerja AUTO CAD.

image

 

Setelah anda mengikuti langkah diatas maka akan tampil layar AutoCAd yang siap digunakan untuk menggambar, seperti di bawah ini ;

image

B. MEMBUKA FILE GAMBAR.

Untuk membuka file gambar AutoCAD menggunakan perintah OPEN. Cara menggunakan perintah OPEN adalah dengan mengetik perintah tersebut pada prompt Command. Selain itu juga bisa menggunakan toolbar OPEN dengan cara diklik langsung atau lewat menu FILE kita klik lalu pilih OPEN.

LANGKAH – LANGKAH MEMBUKA FILE :

1. Pertama-tama kita ketik OPEN pada prompt command atau pilih toolbar OPEN.

2. Setelah itu akan muncul kotak dialog Select File, lalu kita pilih file yang akan kita buka.

3. Selanjutnya kita klik OPEN

image

C. MENYIMPAN FILE GAMBAR.

Untuk Menyimpan File Gambar dapat digunakan perintah SAVE, adapun cara perintah SAVE adalah dengan cara mengetik SAVE pada prompt Command.Selain itu juga bisa langsung lewat Toolbar SAVE dengan cara kita klik atau bias juga lewat menu FILE lalu kita pilih SAVE AS.

LANGKAH-LANGKAH MENYIMPAN FILE :

1. Pertama-tama kita klik toolbar SAVE atau kita ketik SAVE pada Prompt Command.

2. Setelah muncul kotak dialog kita pilih didirektori mana file akan kita simpan.

3. Selanjutnya kita namai file kita lalu kita klik SAVE.

image

D. MENUTUP FILE.

Untuk menutup FILE anda bias mengetik CLOSE pada prompt Command atau kita dapat juga menggunakan tombol CLOSE yang berada di sudut kanan atas baris yang kedua. Selain itu kita juga bisa menggunakan perintah menu FILE kita klik lalu kita pilih CLOSE.

 

image

YES : apabila anda ingin menyimpannya.

NO : Jika anda tidak ingin menyimpan.

CANCEL : Jika kita hendak membatalkan.

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Teknik Gambar |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.