Memahami perintah-perintah modify dalam Auto CAD.

Bahwa gambar yang kita buat bisa kita edit dan modifikasi dengan toolbar Modify dan berikut gambar kotak dialog MODIFY. Untuk menampilkan kita pilih VIEW lalu pilih toolbar dan klik MODIFY.

 

image

Kotak dialog toolbar Modify.

clip_image002

Erase : Adalah perintah yang digunakan untuk menghapus objek dari gambar. Misalnya untuk menghapus objek yang sudah tidak dipakai atau menghapus garis Bantu.

clip_image003 Copy Object : Adalah perintah yang digunakan untuk memperbanyak objek atau membuat duplikat. Untuk copy ini ada dua opstion yaitu single-copy dan multiple-copy.

clip_image004

Mirror : adalah perintah yang digunakan untuk membuat pencerminan dari suatu objek. Objek hasil duplikasi akan terbalik posisinya (tercemin) dari objek asal, sedangkan perintah MIRROR ini ada 2 option yaitu pilih objek asal dihapus atau tidak.

clip_image005

Offset : Adalah perintah untuk memperbanyak objek garis, busur, lingkaran, polyline scara pararel dengan jarak yang dapat diatur.

clip_image006

Array : Adalah perintah untuk memperbanyak objek scara baris dan kolom (rectangular)dengan jumlah yang dapat ditentukan, selain itu dapat juga untuk memperbanyak scara melingkar (polar).

clip_image007

Move : Adalah perintah untuk memindahkan suatu objek atau sekelompok objek dari posisi semula ke posisi yang kita inginkan.

clip_image008

Rotate : adalah perintah untuk memutar atau merotasikan sebuah gambar.

clip_image009

Scale : adalah perintah untuk memperbesar atau mengecilkan objek sesuai dengan skala yang kita inginkan.

clip_image010

Strecth : Adalah perintah untuk merubah gambar dengan cara menarik bentuk objek tersebut kearah vertical, harisontal maupun diagonal.

clip_image011

Trim : Adalah perintah digunakan untuk memotong garis dengan batas garis lain yang kita tentukan/pilih.

clip_image012

Extend : Adalah perintah yang digunakan untuk memperpanjang garis ampai batas yang kita tentukan.

clip_image013

Break at point : adalah perintah yang digunakan untuk memotong sebuag garis dengan kita menentukan nilai jarak yang kita potong.

clip_image014

Break : Adalah perintah untuk memotong sebuah garis diantar adua titik yang kita tentukan.

clip_image015 Chamfer : Adalah perintah untuk merubah sudut siku menjadi bentuk kurva ( sudut siku tertentu).

clip_image016

Fillet : Adalah perintah yang digunakan untuk merubah sudut siku menjadi bentuk busur / lengkung sesuai dengan radius yang kita tentukan.

 

clip_image017Explode : Adalah perintah untuk memecah (ungroup)objek yang telah menjadi satu elemen/gabungan (satu objek) menjadi komponen yang lebih kecil

 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

Copyright © 2009 Teknik Gambar |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

Usage Rights

DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.